1. Perkembangan merupakan hasil proses kematangan dan belajar.
Kematangan
merupakan proses intrinsik yang terjadi dengan sendirinya, sesuai
dengan potensi yang ada pada individu. Belajar merupakan perkembangan
yang berasal dari latihan dan usaha. Melalui belajar, anak memperoleh
kemampuan menggunakan sumber yang diwariskan dan potensi yang dimiliki
anak.
b).
Pola perkembangan dapat diramalkan yaitu terdapat persamaan pola
perkembangan bagi semua anak sehingga perkembangan seorang anak bisa
diramalkan dan perkembangan seorang anak berlangsung dari tahapan yang
umum ke spesifik dengan berkesinambungan (Depkes, 2005: 4-5, IDAI,
2002: 7-8).
Prinsip tumbuh kembang
- tumbuh kembang terus menerus dan komplek
- tumbuh kembang merupakan proses yang teratur dan dapat diprediksi
- tumbuh kembang berbdda dan terintegrasi
- setiap aspek tumbuh kembang berbeda dalah setiap tahapnya dan dapat dimodifikasi
- tahapan tumbang spesifik untuk setiap orang
Prinsip Perkembangan dari Kozier dan Erb
- manusia tumbuh secara terus menerus
- manusia mengikuti bentuk yang sama dalam pertumbuhan dan perkembangan
- manusia berkembang menyebabkan dia mendapatkan proses pembelajaran dan kematangan
- masing-masing tahapan perkembangan memiki karakteristik tertentu
- selama bayi (infancy) dan balita merupakan saat pembentukan perilaku, gaya hidup, dan bentuk pertumbuhan.
Tumbuh kembang adalah Orderly (tertib) dan sequential tetapi juga terus menerus dan komplek.
- Setiap orang memiliki pengalam yang sama bentuknya
- Setiap bentuk dan tingkat perkembangan adalah khas
Tumbuh kembang memiliki pola teratur dan dapat diprediksi;
- Cephalocaudal (head to tail)
- Proximaldistal
- Symetrical
Tumbuh kembang berbeda dan terintegrasi
Contoh syaraf tumbuh khas atau berbeda karena berespon terhadap rangsangan yang berbeda.
Perbedaan aspek dalam tumbuh kembang terjadi karena beda tahap, jumlah dan dapat dimodifikasi.
- tulang tumbuh cepat pada tahun pertama, selama tahun sebelum sekolah pertumbuhan tulang melambat
- bicara berkembang cepat pada usia 3 – 5 tahun